Thursday 12 October 2023

KOMUNIKASI DALAM DUNIA USAHA

        Komunikasi bisnis merupakan salah satu hal yang penting dalam menjalankan suatu bisnis atau perusahaan. Komunikasi ini bisa diartikan sebagai suatu komunikasi yang dilakukan secara verbal maupun non verbal. Dimana dalam komunikasi ini berisi pendapat, ide, gagasan, maupun informasi. Komunikasi ini dapat dilakukan secara personal maupun impersonal.
      Di era globalisasi yang semakin berkembang saat ini, peran komunikasi menjadi hal yang semakin vital. Perkembangan ilmu dan teknologi serta tuntutan zaman yang semakin maju dan modern semakin membuka kesempatan untuk berkomunikasi secara internasional. Pemberlakuan pasar bebas pada saat ini memberikan kesempatan sekaligus tantangan pada sumber daya manusia Indonesia untuk dapat bersaing dan bertahan di era yang serba cepat ini. Sumber daya manusia Indonesia menjadi kunci penting untuk dapat memenangkan persaingan global. Tenaga profesional dalam negeri pun harus mampu bersaing dengan tenaga kerja asing.
        
  Komunikasi dapat dilihat dari berbagai perspektif. Memahami bisnis dapat dikaitkan dengan aktivitas atau upaya apa pun yang dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan. Ini adalah proses yang melibatkan faktor-faktor produksi untuk menciptakan suatu produk. Produk (layanan atau layanan) dapat dikelola dalam anggaran organisasi dan memberikan manfaat yang diharapkan. Definisi dunia bisnis menggunakan sumber daya alam dan manusia, termasuk sumber daya lainnya, untuk mencapai tujuan tertentu dengan keuntungan.

Pengertian Komunikasi Bisnis

Purwanto (2006: 4) menyatakan bahwa komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal maupun komunikasi nonverbal untuk mencapai tujuan tertentu.
Menurut Himstreet dan Baty (Purwanto, 2006: 3) komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antar individu melalui suatu sistem yang biasa (lazim), baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku atau tindakan.
Menurut William Albig komunikasi Bisnis adalah pertukaran informasi, gagasan, pendapat, intruksi yang punya target tertentu yang dihidangkan secara personal maupun impersional melalui lambang atau sinyal.
Menurut Rosenbalt komunikasi bisnis adalah suatu tindakan pertukaran informasi, ide/ opini, intruksi, dan sebagainya, yang disampaikan secara personal maupun non-personal melalui lambang dan sinyal untuk mencapai target perusahaan.
Dari paparan diatas penulis menyimpulkan komunikasi bisnis merupakan proses pertukaran informasi baik secara verbal maupun nonverbal yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan perusahaan.

Bentuk-bentuk Komunikasi Bisnis

Bentuk-bentuk komunikasi bisnis bedasarkan media yang digunakan dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:
  • Komunikasi verbal
        Merupakan salah satu bentuk komunikasi yang disampaikan kepada pihak lain melalui tulisan dan lisan. Komunikasi verbal memiliki dua tipe, yaitu tipe aktif dan pasif. Di mana dalam komunikasi verbal seseorang dapat bertindak sebagai komunikator atau pengirim pesan dan dapat bertindak sebagai audience/penerima pesan. Komunikasi verbal, contohnya :
1)    Menulis dan menulis
Ketika berkomunikasi dengan pesan bisnis, komunikasi suara sangat sederhana dan praktis. Secara umum, komunikasi bisnis biasanya ditulis untuk pebisnis. Pesan yang lebih penting dan kompleks Pesan dan laporan akan digunakan lebih tepat.
2)    Mendengarkan dan membaca
Komunikasi yang efektif adalah komunikasi dua arah. Itu membutuhkan pendengaran dan bacaan yang baik. Ada dua perbedaan utama antara mendengarkan dan membaca. Langkah pertama adalah menangkap inti pembicaraan atau mengumpulkan informasi yang berguna. Berikut ini adalah kedalaman dan penilaian data: Ini adalah bagian terpenting dari proses mendengarkan. Selain itu, filter data dirancang untuk mengidentifikasi apa yang penting dan mana.
  • Komunikasi non-verbal
        Merupakan bentuk komunikasi yang paling mendasar dalam komunikasi bisnis. Pada umumnya, komunikasi non verbal memiliki sifat yang yang kurang terstruktur (secara spontan) sehingga sulit untuk dipelajari. Contoh, memahami penggunaan bahasa isyarat, ekspresi wajah, gerakan tubuh, intonasi, dan lain-lain.
Komunikasi non verbal kurang terstruktur dan lebih otomatis daripada komunikasi verbal. Secara umum, sebelum Anda mengatakan sesuatu, seseorang memiliki rencana dan tahu apa yang ingin ia katakan.
Misalnya, seseorang berkata, "Tolong bawakan buku." Individu non-verbal sering bertindak tanpa mengetahui peristiwa emosional.
Dalam dunia bisnis, komunikasi non-verbal dapat membantu menentukan kepercayaan diri dan potensi kepemimpinan. Dengan kata lain, seorang pemimpin organisasi bisnis harus menjadi komunikator yang baik.
  • Komunikasi elektronik
    Merupakan cara komunikasi modern yang menggunakan media elektronik dan teknologi untuk berkomunikasi, seperti melalui telekonferensi, email, dan lain-lain.

Jenis Komunikasi Bisnis
Dalam komunikasi bisnis juga terdapat jenis – jenis komunikasi. Untuk memperlancar komunikasi dalam suatu bisnis maka karyawan maupun staf lainnya harus memahami setiap jenis komunikasi ini
Terdapat lima jenis komunikasi bisnia yang tentu sangat penting untuk dipelajari. Agar lebih memahami setiap jenis komunikasi tersebut maka akan dibahas contoh dari masing masing komunikasi tersebut.

a)        Komunikasi Internal
Komunikasi internal ini merupakan salah satu komunikasi bisnis yang bersifat internal. Dalam hal ini dimaksudkan bahwa komunikasi ini terjadi di dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Jadi, yang terlibat dari komunikasi ini hanyalah anggota dari organisasi atau perusahaan tersebut.
Dalam komunikasi ini dapat saling bertukar gagasan melalui tatap muka langsung, telepon, maupun email atau fax. Namun, di era teknologi yang semakin canggih ini sudah banyak media sosial yang memudahkan dalam berkomunikasi.
Contoh dari komunikasi internal ini, yaitu komunikasi antar sesama karyawan atau atasan dan lainnya. Dalam komunikasi ini tidak memperhatikan tingkatan. Jadi komunikasi internal ini dapat dilakukan oleh siapapun asalkan masih dalam satu organisasi atau perusahaan.

b)        Komunikasi Vertikal
Dalam komunikasi vertikal ini biasanya dilakukan antar tingkatan. Jadi, jika dalam perusahaan terdapat tingkatan jabatan atau posisi. Komunikasi vertikal ini harus terjadi timbal balik dari komunikasi yang telah dilakukan.
Dalam komunikasi ini, contohnya komunikasi yang dilakukan antar direksi tanpa melibatkan bawahan. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa dalam komunikasi ini harus terdapat timbal balik atau komunikasi dua arah.

c)        Komunikasi dari atasan pada bawahan
Jenis komunikasi ini juga termasuk komunikasi internal. Akan tetapi juga memperhatikan tingkatan atau jabatan pada sebuah organisasi tersebut.
Komunikasi ini merupakan salah satu jenis komunikasi bisnis yang sangat penting. Dimana komunikasi ini dilakukan oleh seorang pimpinan kepada karyawannya. Bentuk komunikasi ini biasanya dilakukan secara umum.

d)        Komunikasi dari bawahan ke atasan
Jenis komunikasi bisnis ini bisa dianggap tidak sepenting komunikasi atasan pada bawahan. Bisa diartikan, komunikasi ini merupakan kebalikan dari komunikasi dari atas ke bawah. Dalam komunikasi ini contohnya memberikan laporan rutin dari karyawan kepada atasan atau pimpinannya.

e)        Komunikasi Horizontal
Komunikasi horizontal ini dilakukan pada tingkatan atau jabatan yang sama. Komunikasi ini biasanya bersifat lebih santai atau nonformal. Komunikasi ini tidak perlu memperhatikan kaidah dan bisa dilakukan dalam bahasa sehari- hari.
Jenis komunikasi ini contohnya yaitu komunikasi yang dilakukan oleh sesama karyawan. Bentuk komunikasi ini biasanya tidak begitu serius. Bahkan dapat diselipkan gurauan atau candaan. Pada dasarnya komunikasi ini dilakukan pada tingkatan yang sama. Sehingga hal ini memuncukan obrolan yang sederhana.
Nah itulah pembahasan mengenai pengertian, jenis, dan contoh dari komunikasi bisnis. Tentunya, jenis-jenis komunikasi dan skill dalam berkomunikasi untuk bisnis sangat penting. Terutama ketika seseorang ingin fokus dalam organisasi dalam suatu bisnis.

Manfaat Komunikasi Bisnis

Manfaat dari mempelajari komunikasi bisnis yaitu membantu membina hubungan baik berjangka panjang dengan klien yang bukan berasal dari Indonesia, kesempatan untuk mempengaruhi percakapan, persepsi dan tren yang ada di dalam Negara Indonesia ke luar negeri, peningkatan produktivitas dalam bekerja di perusahaan khususnya perusahaan go public yang mengarah ke pemecahan masalah dengan cepat serta tepat, dan pengambilan keputusan yang akurat berdasarkan informasi yang terpecaya.





No comments:

Post a Comment

handapeunpost